أسرة الطلبة الأتشيين بالسودان

RSS
KELUARGA MAHASISWA ACEH (KMA) SUDAN Po. Box 12146 Khartoum Sudan 12223 E-mail: kma.sudan@gmail.com Mobile: +249927876016

Senin, 17 Januari 2011

Tips Belajar yang Baik..

Oleh: Tulip



Belajar adalah hal yang wajib bagi kita, pelajar ataupun mahasiswa. Namun terkadang kita merasakan malas dan jenuh untuk belajar. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu kita dalam belajar. Sederhana tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua...
1.      Awali belajar anda dengan niat dan do'a. Kalau tidak ada niat sekeras apapun anda belajar tidak ada gunanya dan jangan lupa berdo'a sebelum belajar agar proses belajar anda dimudahkan.
2.      Anda harus punya sifat sabar dan berbagi. Sabar dalam mempelajari sesuatu. Karena dalam mempelajari suatu hal tidak ada yang bersifat instant, selalu memerlukan proses. Selanjutkan ketika anda sudah memahami suatu hal maka berbagilah jangan disimpan. Sehingga apa yang anda pelajari dan pahami bisa bermanfaat bagi orang lain. Dan hindarilah sifat sombong juga angkuh.
3.      Mencari dan memabaca buku-buku referensi yang telah disebutkan oleh dosen. Bacalah buku-buku referensi tersebut lebih dari satu kali, agar isi buku-buku tersebut dapat dipahami dengan baik.
4.      Tetaplah setia mendengar kuliah dosen walaupun terkadang membosankan. Jangan tergoda untuk asyik sendiri dengan berhayal ketika jam kuliah berlangsung (hal ini sering terjadi). Catatlah poin-poin penting yang disampaikan oleh dosen, dan biasanya poin-poin tersebut akan keluar dalam ujian.
5.      Bentuk kelompok belajar yang anggotanya serius dalam belajar dan bisa diajak untuk berdiskusi dan bebagi ilmu. Dengan membentuk kelompok belajar, pemahaman dan wawasan kita tentang suatu topik yang dibahas akan menjadi luas dan mendalam.
6.      Jangan malu bertanya baik kepada dosen atau kepada teman jika ada hal-hal yang belum dipahami. Karena seperti kata pepatah : " Malu bertanya sesat di jalan".
7.      Biasakan belajar rutin, walaupun tidak sedang ujian usahakan setiap hari mengulang setiap materi yang diberikan oleh dosen. Minimal sehari membaca dua atau tiga jam. Walaupun waktu membaca anda singkat tetapi rutin dilakukan setiap hari dan focus terhadap apa yang anda baca sehingga hasilnya bisa maksimal dan awet di otak.
8.      Hindari SKS (sistem kebut semalam). Inilah sistem yang sering dipakai oleh kebanyakan anak kuliahan sekarang. Padahal, sistem SKS ini dapat memicu terjadinya stress. Karena semua bahan kuliah harus dikuasai dalam waktu satu malam sehingga memaksa otak untuk berkerja extra. Selain itu SKS membuat ilmu yang anda pelajari menjadi dangkal dan mudah hilang. Begitu ujian selesai maka ilmu juga turut serta hilang tidak berbekas.
9.      Jangan tergoda untuk menyontek walaupun anda tidak bisa mengerjakan soal-soal ujian atau tugas-tugas dari dosen. Selain menyontek adalah perilaku buruk, hal ini juga akan menumbuhkan mental pengecut dan pecundang. Membuat kita malas belajar. Untuk menghindari hal ini anda harus yakin dan percaya diri terhadap kemampuan yang anda miliki saat ini karena setiap kita pasti mempunyai potensi.
10. Pilih waktu belajar yang tepat ketika anda belajar di rumah. Kadangkala bagi seseorang membutuhkan waktu yang sepi seperti bangun tengah malam ataupun waktu subuh ketika otak masih fresh, sehingga memudahkan anda dalam belajar.
11. Jangan mudah puas terhadap apa yang anda dapatkan. Teruslah menggali dan mencari sehingga anda menemukan hala-hal baru. Dan jangan takut mencoba atau mempratekkan apa yang anda pelajari jika hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan.
12. Yang terakhir dalam proses belajar adalah menjaga hubungan baik dengan dosen (tetapi jangan terlalu mencari perhatian atau menjilat). Kadangkala dosen memberi nilai berdasarkan subyetivitas tertentu. Seorang dosen jika mengenal kita dengan baik akan lebih tidak tega memberi nilai kita jelek.
Inilah beberapa tips belajar yang baik, versi penulis setelah mambaca beberapa referensi. Moga bermanfaat bagi pembaca dan selamat belajar.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Site Info

Foto saya
Tapeubeudoh Marwah Bangsa..!!

Pengikut

Tapeubeudoh Marwah Bangsa...
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia
Blog Directory & Search engine
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia