أسرة الطلبة الأتشيين بالسودان

RSS
KELUARGA MAHASISWA ACEH (KMA) SUDAN Po. Box 12146 Khartoum Sudan 12223 E-mail: kma.sudan@gmail.com Mobile: +249927876016

Jumat, 13 April 2012

Mengungkap Kesesatan Syiah


(Oleh: Tgk. H. Ridwan, Lc)

Pengertian Syiah :
Syiah dari sudut bahasa: Mereka adalah para pengikut, dan pendukung. Asal syiah ialah sekumpulan manusia seperti yang tersebut dalam Lisanul Arab. Perkataan syiah digunakan untuk seorang, dua atau ramai, lelaki atau perempuan dengan satu lafaz dan satu makna. Panggilan ini sering ditujukan kepada siapapun yang berwala’kan Ali dan ahlul-baitnya r.a sehingga ia menjadi nama khas mereka. Ketika disebut: si fulan itu syiah, maka maksudnya adalah ia berasal dari golongan tersebut. Atau si fulan bermazhab syiah, yaitu anutan mereka. Asal syiah ialah dari musyaya’ah ( المشايعة ) yaitu mengikut dan mematuhi. [Lisanul Arab].


Firqah-firqah Syiah
Pembagian golongan golongan syiah di bawah ini tergantung pada penentuan imam-imam yang memimpin mereka. Setiap golongan-golongan besar ini mempunyai beberapa pecahan aliran yang kecil di bawahnya :
1.   Al-Kisani ialah pengikut-pengikut Muhammad Ibnu al-Hanafiah, anak saidina Ali bin Abu Talib dan bukan dari Fatimah az-Zahra’.
2.   Al-Husaini adalah pengikut-pengikut Abu Abdullah al-Hussein bin Abu Talib, saudara al-Hassan.
3.   Al-Hasani adalah pengikut-pengikut Al-Hasan bin Ali bin Abu Talib, saudara al-Hussein.
4.   Az-Zaidiyah adalah pengikut-pengikut Zaid bin Ali Zainal Abidin bin Al-Hussein bin Ali bin Abu Talib.
5.   Ithna Asyariah atau Al-Imamiyah adalah pengikut-pengikut Abu Jaafar Mohamed al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin al-Hussein bin Ali bin Abu Talib.
6.   Al-Ismailiyah adalah pengikut-pengikut Ismail bin Jaafar as-Sadiq bin Mohamed al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin al-Hussein bin Ali bin Abu Talib.

Pandangan Syiah terhadap Imamah
Syiah Itsna Asy’ariyah memahami istilah Imamah atau yang juga disebut wilayah sebagai bagian dari ushuluddin, atau salah satu rukun dari rukun agama. Mereka meyakini Imamah sebagai ajaran primer dalam teologi dan ideologi, serta berposisi sebagai doktrin sentral yang mutlak diyakini penganutnya. Karena itu Imamah di kalangan Syiah sudah menjadi doktrin dan bagian dari rukun iman dan Islam yang penting. Al-Majlisi menukil kitab “Kanzul karaji” hal 112, yang berbunyi: “Siapa yg mengingkari mereka (Imam 12) atau meragukan mereka, atau mengingkari salah satu diantara mereka atau meragukan, atau membantu musuh-musuh mereka, atau salah satu diantara musuh-musuh mereka, maka dia adalah orang yang sesat lagi celaka, bahkan orang yang kafir.”

Pandangan Syiah Terhadap Al-Quran
Syi’ah berkeyakinan bahwa tidak ada yang mengumpulkan Al-Qur’an dengan lengkap selain Ali bin Abi Thalib dan para imam sesudahnya. Mereka meyakini bahwa Al-Qur’an yang ada sekarang bukanlah Al-Qur’an yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi karena telah dirubah dan dikurangi. Mereka meyakini adanya mushaf (kitab suci) yang disebut mushaf Fathimah. Mushaf ini adalah Al-Qur’an yang asli (belum mengalami perubahan) Yang tiga kali lebih tebal daripada Al-Qur’an yang ada di tangan kaum muslimin saat ini, dan mushaf tersebut akan kembali hadir ke dunia dengan dibawa oleh Imam yang ke-12 yaitu Imam Mahdi.

Pandangan Syiah terhadap Sahabat
Menurut pandangan syiah seluruh sahabat kafir kecuali 3 orang saja, yaitu : Miqdad, Abi dzar dan Salman al-Farisi rahimahumullah. Al-Majlisi seorang ulama besar Syiah menegaskan:
“Bahwa mereka (Abu Bakar, 'Umar dan 'Uthman) adalah pencuri yang khianat dan murtad, keluar dari agama, semoga Allah melaknat mereka dan semua orang yang mengikut mereka dalam kejahatan mereka, baik itu orang dahulu atau orang-orang kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Site Info

Foto saya
Tapeubeudoh Marwah Bangsa..!!

Pengikut

Tapeubeudoh Marwah Bangsa...
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia
Blog Directory & Search engine
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia