أسرة الطلبة الأتشيين بالسودان

RSS
KELUARGA MAHASISWA ACEH (KMA) SUDAN Po. Box 12146 Khartoum Sudan 12223 E-mail: kma.sudan@gmail.com Mobile: +249927876016

Sabtu, 14 Mei 2011

Implementasi Fiqh Sosial dalam Berorganisasi



Tahap awal dalam sebuah managemen organisasi telah dilalui yaitu Planning (Penencanaan). Jum’at malam, (13 Mei 2011) Pengurus Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Sudan menggelar Rapat kerja di Sekretariat KMA yang bertempat di Apartement Sabirin Lt. 3. Rapat Kerja yang berlangsung cukup alot itu telah melahirkan proker lengkap dengan Time Schedule dan budgeting masing-masing program. Baik program rutin, cash program maupun program yang bersifat tentatif.


Langkah berikutnya adalah Actuating dan Monitoring. Perencanaan yang begitu rapi tidak akan ada artinya tanpa aksi. Dengan semangat mengemban amanat organisasi, mari kita aktualisasikan program-program tersebut dalam bentuk rill, yang tentunya tidak lepas dari monitoring (pengawasan) secara berkala melalui rapat evaluasi program kerja.

Ada tiga semangat besar yang saya lihat dalam KMA. Yaitu, Kekeluargaan, Pembekalan SDM dan Relation Building (membangun relasi). Kita tidak memposisikan KMA nomor satu atau dua, tujuan utama kita ke Sudan adalah untuk menuntut ilmu, pada titik ini kita sepakat. Dan semangat KEKELUARGAAN, PEMBEKALAN SDM dan RELATION BUILDING yang tersirat dalam tiap butir-butir program kerja KMA juga bagian dari manifestasi ilmu, yang mungkin tidak kita dapatkan di ruang kuliah.

Bermu’amalah dengan sesama, berorganisasi, mulazamah dengan shekh dalam sebuah halqah juga merupakan bagian dari menuntut ilmu. Di sini KMA hadir sebagai sebuah organisasi yang menawarkan implementasi (ranah tathbiqi) dari kajian fiqih sosial yang mungkin telah kita kuasai secara teoritis (nadhari). Fiqih sosial bertujuan untuk melahirkan output yang memiliki keshalehan sosial, bukan kesalehan pribadi. Demikian halnya KMA, keberhasilan, kesuksesan dan keshalehan secara jama'ah (seluruh anggota) merupakan harapan besar KMA. Karena, kesiapan mental untuk menghadapi interaksi sosial di Aceh nantinya, harus sudah  dibangun dari sekarang..

Selamat berkarya ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Site Info

Foto saya
Tapeubeudoh Marwah Bangsa..!!

Pengikut

Tapeubeudoh Marwah Bangsa...
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia
Blog Directory & Search engine
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia